Wamen Arcandra Percaya Minyak Bumi Tak Akan Habis

   •    Sabtu, 12 Nov 2016 11:39 WIB
minyak bumi
Wamen Arcandra Percaya Minyak Bumi Tak Akan Habis
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar (tengah) melihat alat smelter di Graha Sepuluh November ITS Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/10/2016). Foto: Antara/Syaiful Arif

Metrotvnews.com, Bandung: Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral RI Arcandra Tahar, memberikan kuliah umum dengan tema "Membangun Kedaulatan Energi" kepada ratusan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), di Aula Barat Kampus ITB Jalan Ganesha Kota Bandung, Sabtu 12 November 2016.

Dalam kuliah umumnya, Wamen Arcandra menjelaskan tentang kondisi energi dan sumber daya mineral di Indonesia saat ini dan target umum energi nasional di Indonesia pada tahun 2050.

"Pengembangan energi terbarukan di Indonesia adalah sebuah keharusan karena dunia saat ini bergerak ke green energy," ujar dia, seperti dikutip Antara.

Kepada para mahasiswa ITB, Wamen Arcandra bertanya apakah benar bahwa suatu saat cadangan minyak di muka bumi ini, termasuk di Indonesia akan habis sehingga tidak bisa lagi dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

"Apakah benar atau tidak bahwa suatu saat nanti minyak kita akan habis? Kalau menurut saya enggak (benar) karena menurut saya yang benar ialah satu saat kita tidak akan mampu lagi memproduksi minyak, karena minyaknya tetap ada di bumi," kata dia.

Menurut dia, bumi akan semakin tua namun cadangan minyak dalam teorinya akan tetap konstan karena tercipta dan itu tercipta jutaan tahun yang lalu.

Oleh karena itu, agar manusia bisa tetap memanfaatkan minyak di bumi ini maka harus diciptakan sebuah teknologi yang bisa mendukung untuk melakukan hal tersebut.

"Sampai satu saat nanti, anak cucu kita, bisa mengambil minyak 100 persen karena dengan teknologi kita yang ada sekarang, kita baru mampu mengambil minyak 40-50 persen," kata dia.


(UWA)