Little Bandung Nusantara Jadi Target Produk Lokal

Roni Kurniawan    •    Kamis, 10 Aug 2017 15:10 WIB
umkmkerja bersama
Little Bandung Nusantara Jadi Target Produk Lokal
Produk UMKM asal Bandung merambah ke luar negeri, seperti Korea Selatan dan Malaysia, dengan tema Little Bandung -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung melebarkan sayap untuk memasarkan berbagai produk industri kreatif para pelaku  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tidak tanggung-tanggung, lima daerah menjadi target Pemkot Bandung untuk memasarkan berbagai produknya.

Ketua Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Priana Wirasaputra menjelaskan, konsep `Little Bandung Nusantara` kini tengah digodok agar semua produk asal Bandung bisa menyebar. Lima daerah yang menjadi target pemasaran, yakni Manado, Makasar, Bali, Yogyakarta, dan Medan.

"Konsep sudah ada dan kita mulai menjajaki. Tahun ini baru survei tempatnya yang strategis. Nah, 2018 baru mulai," kata Priana di Bandung, Kamis 10 Agustus 2017.

(Baca: Produk UMKM Bandung Merambah Malaysia dan Korea)

Lima daerah yang menjadi target pemasaran produk UMKM Bandung dinilai memiliki potensi ekonomi tinggi. Itu pula yang menjadi pertimbangan utama Pemkot Bandung memasarkan berbagai produk unggulan, termasuk kuliner.

"Daya beli lokal wisata di sana bagus, penduduknya juga banyak, dan juga kencenderungan daerah itu menikmati produk Bandung tinggi," paparnya.

Priana berharap, konsep `Little Bandung Nusantara` bisa membuat pelaku UKM Bandung menguasai pasar di Indonesia. Lima daerah sasaran utama adalah langkah awal.

"Semoga dengan konsep itu produk Bandung bisa dikenal di seluruh Indonesia. Karena ada kurang lebih 500 kota di Indonesia, jadi ini langkah awal untuk Little Bandung Nusantara," pungkasnya.


(NIN)