Tahun Depan 54 Perizinan di Bandung via Daring

Roni Kurniawan    •    Jumat, 30 Dec 2016 15:43 WIB
perizinan
Tahun Depan 54 Perizinan di Bandung via Daring
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, menambah layanan perizinan secara online atau daring pada 2017. Dari hanya 29 perizinan menjadi 54 perizinan.

Penambahan layanan ini sejalan dengan perubahan nomenklatur Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu (BPPT) menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu. 

"Dengan SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kerja) baru, kita menangani 54 dari 128 perizinan yang ada di Kota Bandung," kata Kepala BPPT Kota Bandung, Dandan Riza Wardana, di kantornya, Jalan Cianjur, Kota Bandung, Jumat (30/12/2016).

Menurut Dandan, perizinan baru itu merupakan limpahan dari Dinas Perhubungan. Seperti, izin bongkar muat barang, izin trayek bus sekolah, dan izin trayek taksi. 

"Ada juga dari Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) seperti penerbitan Izin Perpanjangan Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA). Nanti itu kita yang mengeluarkan," kata dia.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberikan tenggat tiga hingga enam bulan untuk menyiapkan sistem dan layanan online. Pasalnya, pada 3 Januari 2017 mendatang 54 proses perizinan sudah mulai dilakukan untuk melayani masyarakat secara online.


(UWA)