Peparnas Didukung 35 GB Bandwidth Telkom

   •    Minggu, 16 Oct 2016 14:23 WIB
peparnas 2016
Peparnas Didukung 35 GB <i>Bandwidth</i> Telkom
Media Center Utama Peparnas XV di Ibis Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, yang disokong PT Telkom. (Foto: Metrotvnews.com/dok. Corcomm PT Telkom)

Metrotvnews.com, Bandung: Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) XV resmi dibuka, di Stadion Siliwangi Bandung, kemarin. Panitia memberikan akses internet maksimal untuk kompetisi olahraga penyandang disabilitas ini. 

Amanuddin, Ketua Satuan Tugas PON XIX Peparnas XV PT Telkom mengatakan, pihaknya secara keseluruhan menyipkan alokasi bandwithsama dengan PON XIX lalu. Yakni, berkisar 35 Gigabyte (GB), sekalipun skala kegiatan tak sebesar PON.   

"Sebab ini hajatan nasional, apalagi Telkom selain official partner kegiatan, juga tetangga Pemprov Jabar yang kantornya (Gedung Sate, red) di depan kantor kami. Kami berkomitmen berikan layanan maksimal, bahkan lebih, selama Peparnas 2016 ini," kata Amanuddin di Bandung, Minggu (16/10/2016).

Sebagai Official ICT Partner PB PON XIX dan Peparnas XV 2016, PT Telkom menyiapkan sejumlah layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pertama, enam titik inti TIK. Yakni Media Center Utama di Hotel Ibis Jl Gatot Subroto, Command Center (Trans Luxury Hotel), Sekretariat Peparanas (Gedung Sate), Data Center (Diskominfo Jabar), Sub PB PON (Jl Wastukencana), dan Management Room MCU (Hotel Ibis). 

MCU akan diberikan perhatian lebih karena fasilitas layanan yang menggenapinya antara lain Pojok Media di 13 arena pertandingan. Serta, area luar ruang di samping MCU sebagai area bersantai para jurnalis.  

Selain enam lokasi tadi, sejumlah titik yang ditingkatkan layanannya adalah akses di arena pertandingan. Dari biasanya alokasi bandwith 10 Mbps dinaikkan menjadi 20 Mbps. Arena pertandingan tersebar di 13 tempat di antero Kota Bandung.

"Selain lokasi inti dan venue, kami memberi perhatian khusus di lokasi pembukaan dan penutupan Peparnas yakni Stadion Siliwangi. Sudah kami pasang 14 repeater (penguat WiFi), yang juga akan dilengkapi menara telekomunikasi compact dari anak perusahan kami, PT Telkomsel," katanya. 

Tak luput dari perhatian adalah Bandara Husein Sastranegara, Stasiun Kereta Api Kota Bandung, dan Bandara Internasional Soekarno Hatta tepatnya di Terminal 3. Pada tiga lokasi tersebut, juga dilakukan penguatan akses jaringan pada layanan Wifi.id mereka. 

Demikian pula dengan penguatan fasilitas telekomunikasi Telkom Group pada 13 hotel berbintang di Kota Bandung yang dijadikan tempat menginap dari 1.983 atlet dan 718 offisial, maupun 3.437 orang panitia pelaksana.


(SAN)