Konsep Jembatan Pelangi akan Dipakai di Jalur KA Jakarta-Surabaya

Roni Kurniawan    •    Selasa, 24 Jan 2017 16:06 WIB
jembatan
Konsep Jembatan Pelangi akan Dipakai di Jalur KA Jakarta-Surabaya
Warna-warni Jembatan Pelangi Antapani Bandung. Foto: Metrotvnews.com/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Konsep Jembatan atau Overpass Pelangi, Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat, bakal dipakai pemerintah membangun jembatan di jalur kereta api semicepat Jakarta-Surabaya.

Hal itu diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai meresmikan Overpass Pelangi di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (24/1/2017).

Konstruksi Jembatan Pelangi yang menggunakan material baja bergelombang itu dipuji Wakil Presiden Jusuf Kalla saat meresmikannya siang tadi. Jembatan ini dinilai kuat dan berbiaya relatif murah.

"Sudah dites, sehingga laik digunakan," kata Basuki 

Basuki mengatakan jalur KA Jakarta-Surabaya membutuhkan sekitar 1.000 jembatan. Dengan konsep Jembatan Pelangi, maka dibutuhkan sekitar Rp30 triliun.

"Dengan catatan spesifikasi sama persis dengan yang ada di Bandung, yakni menggunakan teknologj baja bergelombang dan panjang jembatan sekitar 440 meter," kata dia.

Pembangunan Jembatan Pelangi menelan biaya Rp35 miliar.

Keberadaan jalur KA Jakarta-Surabaya akan mempercepat perjalanan kereta. Jika kecepatan kereta rata-rata 150 kilometer per jam, maka waktu tempuh yang dihemat sekitar lima jam. Saat ini waktu tempuh Jakarta-Surabaya menggunakan kereta antara sembilan hingga 12 jam.


(UWA)