Kemendag Butuh Rp400 Miliar di Dubai Expo

Farhan Dwitama    •    Jumat, 26 Oct 2018 12:05 WIB
perdagangan
Kemendag Butuh Rp400 Miliar di Dubai Expo
Konferensi pers Kemendag di acara Road to Dubai 2020 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis, 25 Oktober 2018, Medcom.id - Farhan Dwi

Tangerang: Kementerian Perdagangan RI memandang World Expo 2020 sebagai cara untuk mempromosikan potensi Indonesia. Kemendag membutuhkan dana kurang lebih Rp400 miliar untuk ikut serta dalam acara tersebut.

World Expo 2020 digelar di Dubai. Indonesia mendapat satu ruang untuk meramaikan acara tersebut.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI Arlinda mengatakan tengah menyiapkan kehadiran Indonesia di acara lama tahunan tersebut. Kemendag mengajak pihak swasta untuk terlibat.

"Saat ini, baru Astra Internasional yang bersedia menjadi core sponsor (sponsor utama) dari perhelatan tersebut," ujar Arlinda di acara Road to Dubai di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis, 25 Oktober 2018.

Pavilion Indonesia akan menyajikan dan mempresentasikan berbagai potensi bisnis dan investasi. Kemendag, lanjut Arlinda, tak akan menggunakan dana dari APBN untuk ikut serta di acara itu.

Kemendag mengajak swasta untuk terlibat. Sehingga swasta berkesempatan mempromosikan produk mereka.

Arlinda mengaku membutuhkan dana kurang lebih Rp400 miliar. Dana itu untuk membangun konstruksi paviliun dan memenuhi kebutuhan selama enam bulan penyelenggaraan expo di Dubai.

"Tidak mudah mendapatkan dana ini, butuh kebesaran hati dari pihak swasta untuk berkontribusi di ajang ini," ungkap Arlinda.

Arlinda mengatakan 135 negara akan berpartisipasi dalam acara itu. Sebanyak 25 juta orang dari berbagai negara akan hadir.

"Lantaran itu kami menunggu donatur dari swasta untuk membantu pemerintah berpartisipasi di acara Dubai World Expo," harap Erlinda.


(RRN)