Pernyataan Presiden AS Menuai Kecaman dari Muslim Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 15 Dec 2017 19:58 WIB
donald trump
Pernyataan Presiden AS Menuai Kecaman dari Muslim Cirebon
Demonstrasi di Cirebon mengecam pernyataan Presiden AS soal Yerusalem menjadi Ibu Kota Israel, Jumat, 15 Desember 2017, Medcom.id - Rofahan

Cirebon: Pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel mendapatkan kecaman umat muslim di dunia dan Indonesia. Hal tersebut juga terjadi di Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 15 Desember 2017.

Ribuan muslim di Cirebon. Mereka berkumpul di halaman Masjid Raya Attaqwa. Dengan membawa sejumlah sepanduk dan bendera, kegiatan yang berlangsung usai shalat Jumat ini, diisi dengan orasi, petisi, dan donasi.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) At-Attaqwa Ahmad Yani mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keprihatinan muslim Cirebon, atas pernyataan yang dikeluarkan oleh Trump.

"Ini adalah bentuk reaksi umat islam di Cirebon, yang tidak rela Yerusalem diklaim Donald Trump sebagai ibukota Israel," kata Yani, Jumat 15 Desember 2017.

Dalam aksi ini, massa juga meminta kepada Donald Trump untuk menarik pernyataannya yang cukup menyakiti hati seluruh muslim di Dunia. Yani menyebutkan, pihaknya juga mendorong pemerintah untuk terus proaktif mengawal kasus tersebut, bersama Organisasi Konferensi Islam (OKI).

"Itu salah satu petisi yang kita akan sampaikan," kata Yani.

Ia juga berharap, aksi yang dilakukannya bersama ribuan umat muslim di Cirebon, bisa membangkitkan kesadaran umat muslim lainnya, untuk sama-sama mengutuk klaim sepihak yang sudah dilakukan Amerika terhadap Jerusalem.
 


(RRN)