Nelayan Karawang Tambatkan Kapal, Target Tangkapan Meleset

   •    Rabu, 26 Oct 2016 17:50 WIB
nelayan
Nelayan Karawang Tambatkan Kapal, Target Tangkapan Meleset
Foto ilustrasi. (Ant/Reza Fitrianto)

Metrotvnews.com, Karawang: Cuaca buruk melanda perairan Karawang, Jawa Barat. Ribuan nelayan pilih menambatkan kapal ketimbang menerjang ombak setinggi lima meter. Target 8.500 ton tangkapan hasil laut pun terancam meleset.

Kepala Bidang Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Karawang, Abu Bukhori menyebut, jumlah nelayan di wilayahnya mencapai 7.000 orang. Hasil tangkapan juga turun drastis.  

"Saat ini 7.000 nelayan di Karawang memang sangat kesulitan untuk melaut. Dari biasanya mendapatkan lima kuintal ikan. Saat ini hanya bisa mendapatkan satu kuintal hingga sama sekali tidak dapat ikan," ungkapnya pada Media Indonesia, Rabu (26/10/2016). 

Ia menyebutkan, kondisi seperti ini diperkirakan akan berlangsung sepanjang empat bulan ke depan. "Biasanya dari November hingga Februari," terang dia.

Untuk itu pihak pemerintah meminta Tempat Pelelangan Ikan segera menyalurkan dana paceklik pada para nelayan. Sebab, saat ini ribuan nelayan tidak melaut karena cuaca buruk.

Sementara itu, ia menyebutkan target pemerintah sebanyak 8.500 ton hasil tangkap laut di tahun 2016 pun terancam tidak terpenuhi dengan waktu dua bulan terakhir.

"Sampai sejauh ini baru 80 persen (dari target) hasil tangkap kita," pungkasnya.

Laporan: Cikwan Suwandi


(SAN)