Coffee Shop Menjamur, Kualitas Barista Harus Ditingkatkan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Minggu, 17 Dec 2017 21:09 WIB
<i>Coffee Shop </i> Menjamur, Kualitas Barista Harus Ditingkatkan
Kompetisi Bandung Brewers Cup 2017 di Dago Resort Soko Cafe, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 17 Desember 2017/Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Bandung: Coffee Shop di Indonesia kini kian menjamur. Penyebarannya juga tidak hanya di pusat perkotaan saja, tapi juga di pinggiran perkotaan. Perkembangan Coffee Shop diyakini tak bisa dipisahkan dari peran dan kemampuan baristanya dalam mengolah kopi.

Ryan Wibawa, pemenang Kompetisi Seduh kopi yang menggunakan alat manual brew community (MBC) tahun 2016 mengatakan, masyarakat terutama di Indonesia memang sangat menggemari kopi. Namun seiring berjalannya waktu, lanjut dia, cara mengemas dan penyajian kopi semakin berubah.

"Coffee Shop, yang tumbuh dan berkembang di seluruh penjuru Indonesia memperlihatkan bahwa banyak orang ingin lebih mengenal kopi," kata Ryan dalam kegiatan kompetisi Bandung Brewers Cup 2017 di Dago Resort Soko Cafe, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 17 Desember 2017.

Ryan sempat dikirim ke Dublin, Irlandia untuk mendalami masalah kopi. Dari sana, Ryan mengetahui bahwa kopi menjadi menu utama masyarakat Irlandia terutama di pagi hari.

"Kopi menjadi teman sebelum berangkat kerja, dan profesi barista di sana juga sangat dihargai. Mulai dari pelayanan hingga menyajikan dan meracik kopi, semuanya dilakukan secara profesional," papar dia.

Pria yang berprofesi sebagai barista di Starbucks ini menuturkan, menjadi seorang barista tidak mudah. Kata Ryan, butuh banyak referensi dan inspirasi baru guna pengembangan kualitas dalam pengolahan kopi.

"Kita sebagai barista harus banyak diskusi, share dengan sesama profesi dan mau menerima setiap masukan. Yang terpenting integritas kita dalam terus berinovasi untuk menemukan cara-cara meracik kopi yang baru ini juga untuk kepuasan konsumen," ujar dia.

Ryan berharap ke depan, banyak barista yang bisa mengolah kopi dengan produk Indonesia. "Jadikan produk kopi Indonesia berkualitas dan menjadi nomor satu," pungkas dia.
(DHI)