Apindo Berharap Bank tak Cuti Lama saat Lebaran

Antonio    •    Rabu, 09 May 2018 12:15 WIB
Cuti Bersama
Apindo Berharap Bank tak Cuti Lama saat Lebaran
Pekerja memindahkan pelumas Shell di Marunda Center Bekasi, Ant - Wahyu Putro A

Bekasi: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bekasi, Jawa Barat, mengatakan kebijakan cuti bersama hanya berlaku pada lembaga pemerintahan. Meski demikian, Apindo meminta perbankan, termasuk Bank Indonesia, tidak sepenuhnya menjalankan kebijakan tersebut.

Pemerintah menetapkan masa cuti bersama mulai 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018. Sementara Libur Idulfitri jatuh pada 15 hingga 16 Juni 2018. Total masa libur di masa Idulfitri yaitu 10 hari.

Baca: Cuti Lebaran tak Direvisi, Pelayanan Publik Dijamin Berjalan

Ketua Apindo Kota Bekasi Purnomo meminta perbankan tak mengikuti kebijakan selama itu. Sebab perusahaan membutuhkan perbankan untuk operasional.

"Jangan sampai Bank Indonesia, bank-bank ditutup selama itu. Industri kan perlu backup untuk keperluan yang melibatkan perbankan," ujar Purnomo di Bekasi, Rabu, 9 Mei 2018.

Terkait keputusan cuti bersama, Purnomo mengaku mengakibatkan kerugian pada perusahaan, terutama industri manufaktur. Bahkan, kerugian mencapai miliaran rupiah. 

"Kalau disuruh tetap cuti begitu ya besar dampaknya. Kecuali perusahaan yang kembang kempis. Kalau perusahaan yang maju kan dia inginnya produksi terus," lanjut Purnomo.

Tapi keputusan itu tak berlaku pada perusahaan swasta. Jadi, kalaupun perusahaan tak mengikuti, pemerintah tidak akan menjatuhkan sanksi.

"Kami hanya diminta untuk mengatur cuti pada karyawan dengan memerhatikan ekbutuhan produksi dan penjualan," lanjut Purnomo.



(RRN)