Pelabuhan Patimban Rampung Maret 2019

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 16 Nov 2017 05:30 WIB
infrastruktur
Pelabuhan Patimban Rampung Maret 2019
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Bandung: Pelabuhan Patimban menjadi proyek strategis yang diyakini mampu menurunkan biaya dan mempermudah akses logistik bagi manufaktur di kawasan industri Jawa Barat. Proyek ini akan mulai diproses Januari 2018.

"Hari ini sudah ada penandatanganan yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan, intinya sudah ada eksternal closing. Kita sedang lakukan tender untuk tahap satu sudah selesai," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Gedung Aula Barat, ITB Jalan Ganesha Taman Sari Kota Bandung, Rabu 15 November 2017

Sedangkan tahap dua dan tiga proyek  pelabuhan yang berlokasi Subang Jabar ini sudah memasuki tahap finalisasi. Pelabuhan ini juga akan ini disetting memiliki terminal khusus untuk memecah arus logistik.

Operator yang akan bertanggung jawab atas pelabuhan tersebut sudah dilelang pada bulan Maret 2017. Perusahaan konsorsium dari Indonesia dan Jepang akan mengelola pelabuhan Patimban.

"Mayoritas (saham) didominasi oleh Indonesia, sedangkan minoritas kita berikan untuk Jepang," kata dia.

Pemprov Jabar mengapresiasi kehadiran Pelabuhan Patimban. Selain meningkatkan pertumbuhan industri di wilayah Subang dan sekitarnya, ekonomi masyarakat juga akan didongkrak karena pelabuhan membutuhkan sumber daya manusia yang banyak.


(SUR)