BIJB Mulai Layani Penerbangan Komersial 8 Juni

   •    Kamis, 24 May 2018 19:22 WIB
bandara
BIJB Mulai Layani Penerbangan Komersial 8 Juni
Pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Joko Widodo dan rombongan menjadi pesawat pertama yang mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis, 24 Mei 2018. Pendaratan perdana di BIJB ini merupakan rangka

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan pada 8 Juni 2018 Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat sudah bisa melayani penerbangan komersial.

"Setelah penerbangan bersejarah (Historical Flight) kelihatannya penerbangan pertama komersial 8 Juni," ujar Ahmad Heryawan di BIJB seperti dikutip Antara, Kamis, 24 Mei 2018.

Menurut dia, rute awal yang akan mulai di BIJB Kertajati yakni melayani penerbangan Majalengka-Surabaya dan Majalengka-Kualanamu dengan maskapai Citilink.

Aher memastikan BIJB Kertajati sudah siap melayani pemudik tahun ini. Menurut dia, Historical Flight atau penerbangan bersejarah yang dilakukan Presiden Joko Widodo telah menandai bahwa BIJB siap melayani penerbangan komersial.

"Pendaratan pertama, oleh bapak presiden menandakan Bandara sudah siap dan sudah layak untuk dioperasikan secara komersial," katanya.

Aher mengatakan, penjualan tiket dari maskapai Citylink pun sudah mulai bisa dipesan oleh masyarakat. Ia yakin, dengan hadirnya Bandara Kertajati, kepadatan penumpang di Bandara Husein Sastranegara atau Soekarno Hatta bisa diperkecil.

"Maskapai yang pertama akan terbang dan sekarang sudah mulai penjualan tiket Citylink," kata dia.

Sebelumnya, Pesawat Kepresidenan Indonesia 1 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo bersama rombongan mendarat di BIJB Kertajati sebagai tanda Historical Flight.

Pesawat Kepresidenan yang berangkat pada pukul 08.50 WIB dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma itu mendarat di BIJB pada pukul 09.21 WIB.

Usai rombongan kepresidenan, rangkaian Historical Flight dilanjutkan dengan pendaratan pesawat yang ditumpangi Gubernur Ahmad Heryawan yang terbang dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB dan diakhiri dengan acara buka bersama.


(ALB)