Pengusaha Bandung Diminta tak Menaikkan Harga Pangan

Roni Kurniawan    •    Selasa, 25 Apr 2017 15:20 WIB
pangan
Pengusaha Bandung Diminta tak Menaikkan Harga Pangan
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Amaluddin)

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, telah mengumpulkan para pengusaha untuk memastikan pasokan pangan ke Kota Kembang lancar selama Ramadan 2017. 

"Dua minggu lalu sudah, kami mengumpulkan pengusaha dan kami imbau para pelaku usaha agar pasokan pangan khususnya pangan segar seperti daging sapi tetap lancar seperti biasanya," ujar Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah di Bandung, Selasa, 25 April 2017.

Selain itu, Elly mengimbau para pengusaha tidak menaikkan harga pangan, khususnya daging sapi yang kerap melonjak akibat tingginya permintaan menjelang Ramadan. 

Untuk bahan pangan lain seperti cabai dan bawang merah, Elly memastikan tidak akan terjadi pergerakan harga yang sangat tinggi. "Jika memang ada, pergerakan harga, yang wajar kenaikannya tidak terlalu tinggi," tuturnya.

Elly menuturkan berkaca pada H-4 jelang bulan Ramadan tahun lalu, kerap terjadi kenaikan harga yang sangat signifikan. Bahkan kenaikan harga bisa mencapai 400 persen ketika memasuki dua hari jelang Ramadan.

"Kita akan melakukan operasi pasar dengan Dinas Perindag juga Bulog saat nanti jelang Ramadan, apabila ada kenaikan harga. Biasanya H-2 jelang puasa permintaan masyarakat sangat tinggi terutama daging sapi," pungkasnya.


(SAN)