Mulai 2017, Emil: Tak Ada IMB Tanpa Sertifikasi Bangunan Hijau

Wandi Yusuf    •    Rabu, 19 Oct 2016 13:30 WIB
tata kota
Mulai 2017, Emil: Tak Ada IMB Tanpa Sertifikasi Bangunan Hijau
ITB menjadi kampus pertama yang mengembangkan konsep bangunan hijau. Foto: Antara/Zarqoni Maksum

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan menerapkan persyaratan ketat bagi pemilik bangunan atau rumah yang berdiri di Kota Bandung.

"Mulai 1 Januari 2017, IMB (izin mendirikan bangunan) tidak diberikan jika rumah/gedung tidak lulus sertifikasi 'bangunan hijau'," kata Emil, sapaan Ridwan, dalam cuitannya di akun Twitter @ridwankamil, Rabu (19/10/2016).

Sebaliknya, jika warga mematuhi aturan itu, Emil berjanji memberikan penghargaan. "Jika sangat baik, ada insentif PBB dan KLB #saveBDG."

Konsep bangunan hijau atau green building sudah digaungkan wali kota cum arsitek ini sejak 2015. Dia ingin di masa depan bangunan di Kota Bandung ramah lingkungan. Menurutnya, konsep bangunan hijau sudah harus diterapkan di Bandung.

"Keuntungannya, masa depan kita akan terjaga dan lebih hemat energi. Tidak boros seperti sekarang. Dulu tidak ada ukuran, sekarang ada ukuran," kata Emil, saat itu.

Konsep bangunan hijau mengarah pada struktur dan pemakaian bangunan yang ramah lingkungan dan hemat sumber daya sepanjang siklus hidup bangunan itu. 

Indikatornya, bangunan itu menggunakan energi, air, dan sumber daya lain secara efisien, melindungi kesehatan para penghuninya, serta mengurangi limbah, polusi, dan degradasi lingkungan.





(UWA)