Cirebon Siapkan 10 Ribu Hektare Untuk Zona Industri

Ahmad Rofahan    •    Senin, 06 Nov 2017 14:07 WIB
umpkawasan industri
Cirebon Siapkan 10 Ribu Hektare Untuk Zona Industri
Suasana pabrik semen terlihat dari atas bukit Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Foto: Antara/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Cirebon: Kabupaten Cirebon saat ini menjadi idola para pengusaha untuk membangun indutsri. Selain infrastruktur Cirebon yang memadai, upah pekerja juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan wilayah lain.

Untuk menyambut migrasi pelaku industri, Pemkab Cirebon berencana menyediakan 10 ribu hektare lahan di Cirebon bagian timur untuk zona industri. Kabupaten Cirebon saat ini sudah menyediakan 2.000 hektare wilayah zona indutsri.

"Kami akan merevisi RTRW-nya (Rencana Tata Ruang Wilayah) menjadi 10 ribu hektare untuk zona industri,” ujar Dede Sudiono, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cirebon, Senin 6 November 2017.

Sudah ada puluhan perusahaan yang datanya masuk ke Pemerintah Kabupaten. Bahkan beberapa industri di sudah mulai beroperasi. Dede menyebutkan, perusahaan-perusahaan tersebut kebanyakan berasal dari Karawang, Cikarang dan Bekasi.

"Ada industri manufaktur, suku cadang dan sepatu,” ujar Dede.

(Baca: Puluhan Industri di Jabodetabek Migrasi ke Cirebon)

Direktur Pengendalian Pelaksanaan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Wilayah III , Wisnu Soedibjo menuturkan, potensi Kabupaten Cirebon sebagai salah satu pusat industri sangat terbuka lebar. Apalagi dalam triwulan terakhir, Kabupaten Cirebon sudah bisa menghasilkan investasi sebesar Rp582 milyar.


"Itu belum termasuk UMKM dan lainnya,” kata Wisnu.

Wisnu juga menyebutkan, di Kabupaten Cirebon terdapat sejumlah perusahaan pembangkit listrik, baik yang sudah beroperasi atau dalam tahap kontruksi, hal tersebut menunjukkan adanya kemajuan yang berarti. Apalagi, jika nanti sejumlah sarana seperti Bandara kertajati dan sejumlah sarana lainnya sudah bisa dimaksimalkan.


(SUR)