Emil Sebut Rumah Makan Ampera Tunggak Pajak

Roni Kurniawan    •    Kamis, 29 Sep 2016 15:36 WIB
pajak
Emil Sebut Rumah Makan Ampera Tunggak Pajak
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kiri bertopi) mengawasi pemasangan spanduk peringatan menunggak pajak di RM Ampera Jl Soekarno-Hatta, Kamis (29/9/2016). (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung memberikan peringatan keras terhadap rumah makan Ampera di Jalan Soekarno Hatta No 394 Kota Bandung, Jawa Barat. Rumah makan tersebut tidak menyampaikan pajak sesuai aturan sejak Januari 2016.

Proses pemberian peringatan tersebut dipimpin langsung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Jajaran Pemkot Bandung memasang spanduk yang menjelaskan rumah makan itu menunggak pajak.

"Rumah makan Ampera ini tidak membayar pajak dengan nilai sesuai aturan. Padahal rumah makan ini pasti ramai terus karena bukanya juga 24 jam," ujar Emil saat memberikan peringatan langsung di rumah makan Ampera, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (29/9/2016).

Rumah makan tersebut sejak Januari silam hanya membayarkan pajak Rp6 juta per bulan. Seharusnya, rumah makan itu membayar pajak minimal Rp65 juta per bulan. 

"Sangat jauh sekali, kan, masa rumah makan sebesar ini bayar pajaknya hanya segitu. Liat saja sekarang pengunjungnya ramai terus," katanya.

Kepala Dinas Pelananan Pajak (Disyanjak) Ema Sumarna mengatakan, pihaknya memberikan tenggat waktu tujuh hari terhitung mulai hari ini, Kamis 29 September.

"Jika dalam waktu yang telah ditentukan tidak memenuhi kewajiban, kita akan beri surat panggilan untuk datang ke kantor kami selama 2 x 24 jam," kata Ema ditempat yang sama.

Bahkan jika tidak diindahkan, izin usaha bakal dicabut. "Bisa saja kita sita barang-barang dari pemilik rumah makan ini. Karena mereka mempunyai 19 cabang di Kota Bandung, semuanya sama," pungkas Ema.


(SAN)