Mendag Segera Masukkan Daging Beku ke Pasar Kosambi Bandung

Roni Kurniawan    •    Jumat, 05 May 2017 10:52 WIB
harga daging
Mendag Segera Masukkan Daging Beku ke Pasar Kosambi Bandung
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (baju putih) bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunjungi pedagang daging sapi potong di Pasar Kosambi Bandung, Jumat 5 Mei 2017. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Jawa Barat, Jumat, 5 Mei 2017. Hal itu guna memastikan pasokan pangan dan harga tetap aman menjelang Ramadan pada akhir bulan ini.

Sekitar pukul 07.30 WIB, Lukita didampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tiba di Pasar Kosambi. Mereka langsung menuju los pedagang daging sapi di lantai dasar pasar.

Lukita sempat berbincang dengan pedagang dan pembeli. Di pasar itu, harga daging sapi dibanderol Rp120 ribu per kilogram. Harga itu, kata Enggar, masih dalam batas toleransi. "Range-nya seperti itu," katanya.

"Tetapi kami segera masukan daging beku dari Bulog ke sini. Harga jual maksimum Rp80 ribu/kg biar masyarakat ada dua pilihan," katanya.

Ia mengatakan, akan mengikis stigma masyarakat menganai daging sapi beku yang dinilai kurang manis dibandingkan dengan daging sapi potong biasa.

"Padahal daging beku lebig higienis. Tapi biar masyarakat yang memilih dengan kualitas yang bagus, ada dua pilihan," tuturnya.

Selain itu, kata dia, persediaan sapi induk di Indonesia saat sangat kurang. Program sapi impor pun diyakini Enggar bisa menanggulangani permintaan masyarakat terutama menjelang Ramadan.

Namun, ia memastikan persediaan daging sapi menjelang Ramadan aman. "Jadi empat bulan ke depan aman," tegasnya.


(SAN)