Pasar Murah Pemkot Depok untuk Tekan Lonjakan Harga

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 28 May 2018 15:07 WIB
panganpasar murah
Pasar Murah Pemkot Depok untuk Tekan Lonjakan Harga
Wali Kota Depok serahkan sembako kepada warga di pasar murah Kelurahan Curug, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Depok: Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, menggelar pasar murah di belasan Kecamatan Kota Depok. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga bahan-bahan pokok menjelang lebaran.

Wali Kota Depok Mochammad Idris mengatakan, bahan pokok yang dijual per kantong plastik besar disubsidi pemerintah.

"Jadi yang nilainya Rp 100.000 (per satu kantong sembako), kita subsidi Rp 40.000. Sehingga, warga bisa membeli sembako tersebut seharga Rp 60.000," ungkap Idris saat ditemui di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis Senin 28 Mei 2018.

Stabilitas harga perlu dilakukan untuk mencegah berbagai faktor inflasi yang mungkin terjadi. Inflasi kerap terjadi karena penimbunan atau kendala di distribusi.

"Contohnya misalkan, beras naik kenapa ternyata produksi dari sumbernya berkurang, sehingga pasokan berkurang," paparnya.

Stok bahan bahan pokok di kota Depok masih aman hingga saat ini. Terutama untuk komoditi beras. Stok diperkirakan aman hingga delapan bulan ke depan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Depok Kania Purwati menuturkan, ada ratusan paket sembako yang disediakan bagi masyarakat khusus di Kelurahan Curug.

"Ada 150, yang kita sediakan harganya disubsidi oleh Pemkot Depok," tandasnya.

Kania menjelaskan, pasar murah tersebut digelar sejak Minggu lalu Senin 12 Mei 2018 lalu. Menurutnya ada belasan titik lokasi diselenggarakannya pasar murah.

Pasar murah tersebar di 11 wilayah Depok yaitu Kecamatan Beji, Bojongsari, Cilodong, Cimanggis, Cinere, Cipayung, Limo, Pancoran Mas, Sawangan, Sukmajaya, dan Tapos.


(SUR)