Swalayan Depok Jual Sembako di Atas Eceran Tertinggi

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 24 May 2018 15:43 WIB
sembako
Swalayan Depok Jual Sembako di Atas Eceran Tertinggi
Dinas Pedagangan dan Industri (Disdagin) Kota Depok, Jawa Barat, saat sidak di salah satu swalayan. Medcom.id/Octavinaus Dwi Sutrisno

Depok: Masih ada pasar swalayan yang menjual komoditas di atas harga eceran tertinggi (HET). Hal tersebut ditemukan ketika Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok saat inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan di Depok pada Kamis 24 Mei 2018.

Pantauan di beberapa swalayan seperti Hypermart Detos, daging kerbau beku dijual Rp 99ribu (HET Kemendag Rp80 ribu per kilogram). Hal serupa juga ditemukan di sejumlah komoditas swalayan lainnya.

Kepala Disdagin Kota Depok Kania Parwanti menuturkan, harga kebutuhan pokok seharusnya disesuaikan dengan Surat Edaran Kemendag yang mengatur mengenai HET terbaru 2018. Termasuk di dalamnya komoditas baru yang diatur HET-nya.

"Berdasarkan peratuan Kemendag yang baru tanggal 2 Mei Nomor 58 tahun 2018 dan diedarkan tanggal 15 Mei 2018 yang mengatur harga eceran terbaru diatur tentang adanya harga telur, ikan," ucap Kania, Kamis 24 Maret 2018.

Kania menyebutkan, pihaknya akan kembali melakukan pengecekan dua hingga tiga hari kedepan untuk memastikan kembali apakah harga-harga pokok tersebut sudah sesuai dengan HET.

"Kami akan cek lagi besok, paling lambat Senin depan. Kalau misalnya masih ada yang tidak sesuai, maka kami akan kirim surat teguran yang ditembuskan ke provinsi dan Kemendag," paparnya.

Namun, Kania menyebut tidak semua swalayan nakal soal HET. Beberapa swalayan sudah ada yang mengikuti HET.

"Di Giant harga telur Rp22 ribu per kilogram, sama dengan HET. Kalau di tempat sebelumnya harga telur Rp25 ribu harusnya kan Rp22 ribu," paparnya.

Disdagin Kota Depok tidak menemukan makanan kadaluarsa dalam sidak tersebut. Termasuk parsel lebaran yang dijual.

"Yang kita cek hari ini harga daging ayam, telur, daging, beras, gula, minyak, dan sampling expired date. Tidak ada temuan makanan kadaluarsa, parsel juga ga ada temuan," tandasnya.


(SUR)