Ikan Asin Thailand & Filipina Serbu Karawang

Cikwan Suwandi    •    Selasa, 24 Jan 2017 16:43 WIB
pengolahan ikan
Ikan Asin Thailand & Filipina Serbu Karawang
Ilustrasi. Foto: MI/Aries Munandar

Metrotvnews.com, Karawang: Menurunnya pasokan ikan asin di tingkat lokal membuat ikan asin dari Thailand dan Filipina menyerbu sejumlah pasar Karawang, Jawa Barat. 

Ahmad Hanafi, 60, pedagang ikan asin di Pasar Tradisional Rengasdengklok, mengatakan kelangkaan pasokan dari pembuat ikan asin di sekitar Karawang sudah terjadi dalam sebulan terakhir.

Kelangkaan itu menyebabkan kenaikan harga ikan asin di sejumlah pasar di Karawang. Ahmad mengatakan, biasanya mendapatkan ikan asin langsung dari industri rumahan, tetapi kali ini dia harus membeli langsung dari distributor ikan asin di Pasar Johar. Distributor itu menjual ikan asin impor, terutama dari Thailand dan Filipina.

“Harganya lebih mahal. Seperti ikan asin belahan ini harganya mencapai Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per kilogram. Kalau ikan asin teri Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram," kata dia. 

Industri rumahan ikan asing di Karawang berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparage. Namun, saat ini produksi mereka menurun sehingga barang langka. Kelangkaan ini terjadi karena adanya larangan nelayan melaut karena kondisi cuaca yang buruk.

"Ada juga larangan dari pemerintah soal keputusan alat tangkapnya yang dilarang, sehingga sulit untuk menangkap ikan,” kata, Ahmad, pemilik industri ikan asin di Ciparage.


(UWA)