Produk UMKM Bandung Merambah Malaysia dan Korea

Roni Kurniawan    •    Rabu, 09 Aug 2017 15:09 WIB
umkmkerja bersama
Produk UMKM Bandung Merambah Malaysia dan Korea
Produk UMKM asal Bandung merambah ke luar negeri, seperti Korea Selatan dan Malaysia, dengan tema Little Bandung -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Kota Bandung dikenal dengan kretivitasnya yang dikemas dalam berbagai produk. Tidak heran, jika produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut sudah merambah ke luar negeri, seperti Korea Selatan dan Malaysia, dengan tema Little Bandung.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Priana Wirasaputra mengatakan, ekspor produk asal Bandung adalah hasil pendidikan dan pelatihan yang dilakukan terhadap para wiraswasta. "Sekarang baru di Korea dan Malaysia produk-produk asal Bandung dipasarkan," kata dia di Bandung, Jawa Brata, Rabu 9 Agustus 2017.

Priana menuturkan, Little Bandung dipasarkan dengan tiga cara berbeda, yaitu Little Bandung Wall, Little Bandung Mobile, dan Little Bandung Store. Little Bandung Wall menyajikan berbagai produk UMKM dalam bentuk gambar yang ditempel di dinding dilengkapi dengan kontak pemilik produk.

"Kalau yang mobile, produk dipasarkan tidak pada satu tempat. Artinya, berjalan dengan membawa produk-produknya. Sedangkan, yang store kita sudah punya tempat, seperti di toko atau cafe. Di Korea, kita juga kerjasama dengan salah satu universitas," urai Priana.

Namun, tidak sembarang produk yang dihadirkan di Little Bandung. Dinas Koperasi dan UMKM beserta Dinas Perdagangan betul-betul memilah produk yang hendak dipasarkan dengan berbagai kriteria.

"Pertama, tentunya kualitas produk itu termasuk kemasan yang menarik. Terus juga bagaimana persediaan atau stok produk itu. Jenisnya kuliner, handcraft, atau fashion," pungkasnya.


(NIN)