100 Ribu Orang Lebih Kunjungi Kebun Raya Bogor

Mulvi Muhammad Noor    •    Senin, 03 Jul 2017 16:12 WIB
mudik lebaran 2017
100 Ribu Orang Lebih Kunjungi Kebun Raya Bogor
Pengunjung di Kebun Raya Bogor. (Foto: Metrotvnews.com/Mulvi)

Metrotvnews.com, Bogor: Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI atau akrab dengan sebutan Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat. Selama sepekan libur panjang Idulfitri 1438 H, jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor tercatat lebih dari 100 ribu orang.

Data yang dihimpun dari Bagian Tata Usaha Kebun Raya Bogor menunjukan, jumlah kunjungan dari Minggu-Minggu (25 Juni-2 Juli) mencapai angka 118.939. Jumlah kunjungan tertinggi terjadi pada Rabu 28 Juni, mencapai 24.027 wisatawan.

"Target pengunjung lebih dari 100 ribu orang tercapai," ujar Humas Kebun Raya Bogor, Donni Darussalam di Bogor, Senin 3 Juli 2017.

Jika dibandingkan dengan data kunjungan selama libur Idulfitri tahun lalu, jumlah wisatawan Kebun Raya Bogor terlihat meningkat. Tahun lalu, jumlah pengunjung hanya mencapai angka 81.302 orang saja.

Untuk menangani membeludaknya wisatawan, Kebun Raya Bogor membuka empat pintu masuk. Termasuk Pintu 4 yang biasanya tidak dibuka untuk umum. Ada pula penambahan lima loket elektronik yang berfungsi meminimalisir antrean pembeli tiket.

"Kami juga menambah jumlah petugas kebersihan dari 12 menjadi 27 orang. Khusus untuk pelayanan selama libur Idulfitri saja," kata Donni.

Sekadar diketahui, Kebun Raya Bogor didirikan ahli botani berkebangsaan jerman Profesir C.G.C Reinwardt pada 18 Mei 1817. Kebun Raya Bogor menjadi pusat penelitian dan konservasi ex-situ tumbuhan terbesar di Indonesia dengan luas area sekitar 87 hektar dan total koleksi tumbuhan sebanyak 12.531 spesimen.

"Suasana di sini sejuk dan harga tiket masuknya murah (Rp15 ribu), cocok untuk kumpul-kumpul dengan keluarga," kata Rahmawati, salah seorang pengunjung asal Jakarta.



(SAN)