Harga Daging Sapi, Minyak Goreng, Gula Pasir Dipastikan Stabil

Roni Kurniawan    •    Jumat, 05 May 2017 12:45 WIB
harga sembako
Harga Daging Sapi, Minyak Goreng, Gula Pasir Dipastikan Stabil
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (baju putih) bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunjungi pedagang daging sapi potong di Pasar Kosambi Bandung, Jumat 5 Mei 2017. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan menjaga harga dan pasokan tiga komoditas selama Ramadan. Dia bahkan bertekad harga komoditas itu tidak mengalami kenaikan harga signifikan.

Daging sapi, gula pasir, dan minyak goreng yang menjadi perhatian khusus Enggar untuk tetap aman di pasaran. "Kita akan kendalikan tiga komoditas itu agar tidak naik harganya. Karena itu sangat penting," kata Enggar di Pasar Kosambi Bandung, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 5 Mei 2017.

Enggar mengatakan, Bulog akan menjatah 50 kilogram gula pasir untuk satu pedagang. Per kilogram dihargai Rp11.300. "Pedagang pasar bisa jual maksimum Rp12.500," tuturnya.

Minyak goreng curah akan dipatok harga dari pemerintah sebesar Rp10.500 per kilogram dan bisa dijual oleh pedagang dengan harga Rp11.000.

Sedangkan daging sapi, Enggar memastikan akan memasok daging beku ke setiap pasar tradisional. Hal itu untuk memastikan persediaan aman serta memberikan pilihan pada masyarakat.

"Harga daging beku Rp80 ribu/kg. Nanti kita pasok ke setiap pasar tradisional agar masyarakat punya pilihan dengan daging sapi potong," tuturnya.

Sementara itu untuk komoditas lainnya, Lukita membatasi kenaikan harga sebesar 10 persen.


(SAN)