Sukabumi Siap Pasok Daging untuk Warga Jakarta

Antara    •    Rabu, 19 Sep 2018 19:53 WIB
panganharga daging
Sukabumi Siap Pasok Daging untuk Warga Jakarta
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Sukabumi: Pemkab Sukabumi siap memasok kebutuhan daging sapi dan ayam untuk memenuhi kebutuhan warganya terkait pemberhentian pasokan impor. Beberapa persiapan akan didesain untuk memanfaatkan peluang ekonomi tersebut.

"Belum lama ini kami diundang Pemprov DKI Jakarta membahas terkait kerjasama agar Sukabumi ikut memasok daging ke wilayah ibu kota. Dan tentunya kami menyanggupinya dan siap memasok berapapun jumlah yang dibutuhkan," kata Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi Rahmat Sukandar di Sukabumi, Rabu, 19 September 2018.

Salah satu persiapan yakni pembangunan rumah potong hewan (RPH) yang higienis dan memenuhi standar nasional. Selain rumah potong, pemerintah daerah Sukabumi dan Cianjur juga berkoordinasi terkait lahan peternakan. Apalagi kerja sama pasokan pangan tersebut sudah terjalin sejak lama.

Nantinya, RPH berada di Kota Sukabumi, sementara peternakannya di Kabupaten Sukabumi dan Cianjur. Dua kabupaten tersebut dipilih karena masih memiliki lahan kosong yang cukup luas untuk dijadikan peternakan.

"Ini merupakan peluang emas bagi warga Sukabumi, karena bisa meningkatkan pendapatan dari sektor perdagangan daging sapi dan ayam," tambahnya.

Rahmat mengatakan, seharusnya Kota Sukabumi memiliki BUMD yang mengurus dan mengatur berbagai kebutuhan pasar seperti di DKI Jakarta. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkot Sukabumi, apalagiWali Kota Sukabumi terpilih Achmad Fahmi menginginkan adanya BUMD seperti itu.


(SUR)